Catatan dari Kunjungan di Kota Ningbo dan Zhoushan

kunjungankecina2

Catatan dari Kunjungan di Kota Ningbo dan Zhoushan

Manggaukang Raba

 

  1. Kota Ningbo

Ningbo merupakan kota yang terletak di sebelah timur RRT. Arti dari nama kota Ningbo adalah ‘gelombang tenang’. Ningbo terletak pada bagian timur laut provinsi Zhejiang. Ningbo berada pada sisi selatan dari teluk Hangzhou. Kota ini dibatasi oleh Laut Cina Timur di sebelah timur, Shaoxing di barat, dan Taizhou di selatan. Ningbo juga dipisahkan dari Zhoushan oleh selat yang sempit.

Ningbo berpenduduk 6.000.000 jiwa (2005). Ningbo juga berhadapan dengan Shanghai, dan dapat dicapai oleh kereta melalui daratan dan melewati kota Hangzhou maupun dengan pesawat udara. Kota ini merupakan kota industri Tiongkok, dan salah satu yang tertua. Sejarahnya dapat ditarik ke 7000 tahun yang lalu.

Ningbo adalah kota sub-provinsial yang membawahi 6 distrik, 3 kota kabupaten, dan 2 kabupaten. Kota Ningbo harus dibedakan dari kawasan metropolitan Ningbo. Kota Ningbo terdiri atas 6.000.000 orang sedangkan kawasan metropolitan Ningbo adalah yang biasa disebut ‘kota’, yang terdiri atas distrik Haishu, Jiangdong, dan Jiangbei. Metropolitan Ningbo memiliki populasi sebanyak 820,000.

Distrik di Ningbo:

  • Distrik Haishu
  • Distrik Jiangdong
  • Distrik Jiangbei
  • Distrik Yinzhou
  • Distrik Beilun
  • Distrik Zhenhai
  • Kota Yuyao
  • Kota Cixi
  • Kota Fenghua
  • Kabupaten Xiangshan
  • Kabupaten Ninghai

Ningbo memiliki luas 9,365 kilometer persegi dan memiliki panjang pantai sepanjang 1562 km termasuk 788 km garis pantai daratan dan sisanya garis pantai kepulauan lepas pantai.

Iklim di Ningbo adalah muson subtropis dengan temperatur moderat dan lembap. Suhu hangat di Ningbo mencapai 230-240 hari setahun. Temperatur rata-rata: 16.2 °C Curah hujan pertahun: 1300-1400 mm.

Dari segi historis, Ningbo adalah sebuah kota pelabuhan yang penting bagi perdagangan asing semenjak abad ke-7. Sekarang pula, Ningbo tetap memposisikan diri sebagai produsen dari berbagai produk elektronik, tekstil, makanan, dan peralatan industri.

Tahun 2002, produksi ekonomi Ningbo mencapai 12,273 miliar dolar AS, naik 38,04% dari tahun sebelumnya. Total ekspor mencapai 8,163 miliar dolar AS, naik 30,73% dari tahun sebelumnya. Sebagai tambahan, Ningbo mengimpor 4,11 miliar dolar AS, naik 55,28% dari tahun sebelumnya. Pada akhir tahun 2002, terdapat 6863 perusahaan asing yang beroperasi di Ningbo dengan total investasi asing sekitar 21,37 miliar dolar AS.

  1. Pelabuhan Ningbo-Zhoushan (Cina)

Kapasitas perekonomian di suatu negara bisa diukur salah satunya dengan melihat besarnya kapasitas pelabuhan laut di negera tersebut. Pelabuhan laut (seaport) yang dimaksudkan adalah pelabuhan pemuatan barang untuk keperluan keluar dan masuk ke pelabuhan. Fungsinya sangat strategis, karena menjadi penentu gerak perekonomian di suatu negara.

Aktivitasnya meliputi bongkar muat, penyimpanan kargo (transito), dan persinggahan kapal jenis petikemas. Pelabuhan laut semacam ini disinggahi oleh kapal-kapal berbendera nasional maupun internasional (berdasarkan persetujuan bilateral). Fasilitas yang tersedia berupa dermaga, crane (alat untuk bongkar muat petikemas), dan gudang (transito). Kapasitas pelabuhan laut diukur berdasarkan banyaknya muatan yang bisa disimpan yang dinyatakan dalam satuan twenty-foot equivalent unit atau disingkat TEU. Untuk satu kontainer dengan panjang 20 kaki (feet) adalah ekuivalen dengan 1 TEU. Satuan kapasitas lainnya yang digunakan berdasarkan volume kargo atau berdasarkan tonase bongkar muat pelabuhan.

Pelabuhan laut ini sebenarnya merupakan gabungan dua pelabuhan lama, yaitu Ningbo Port dan Zhoushan Port. Penggabungan dilakukan pada tahun 2006 untuk memudahkan pengelolaan perairan di dalam satu koordinasi pelabuhan laut. Sinergi logistik dan strategis diciptakan oleh penggabungan pelabuhan tersebut dan terasa dampaknya yaitu dapat mempercepat pembangunan ekonomi khususnya di Delta Sungai Yangtze. Menurut data statistik dari instansi yang berwenang MOT, Ningbo port-Zhoushan menangani total 570 juta ton kargo pada tahun 2009 dan setiap tahunnya semakin meningkat. Hal ini sejalan dengan pertumbuhan 10% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pelabuhan Ningbo sendiri senantiasa masuk ke dalam peringkat 10 besar pelabuhan laut di dunia. Dengan penggabungan dan kemajuan yang cukup pesat tersebut, bahkan keberadaan pelabuhan ini mampu menggeser posisi Port of Singapore (pelabuhan Singapura). Pelabuhan Ningbo-Zhoushan sekaligus mengakomodasi angkutan laut untuk tiga sungai utama, yaitu Sungai Yangtze, Sungai Yong, dan Sungai Qaintang. Hingga saat ini, pelabuhan tersebut masih dalam tahap perluasan dan renovasi yang akan rampung pada tahun 2014 nanti.

Kunjungan di Kota Zhoushan

Di Zhousan delegasi Nusa Tenggara Barat setelah diterima pimpinan pemerintah setempat dilanjutkan dengan mengunjungi Pulau Putuo atau Putuo Mountanin (Gunung Putuo).

  1. Kota Zhoushan

Kota Zhoushan salah satu dari dua kota yang dibangun di kepulauan di China. Zhoushan yang terdiri dari 1,390 pulau dikenal sebagai “kota beribu pulau”. Zhoushan, adalah kota tingkat prefektur di timur laut Zhejiang provinsi China Eastern. Salah satu dari dua kota prefektur-tingkat Republik Rakyat Cina yang terdiri hanya dari pulau-pulau (yang lainnya adalah Sansha di Hainan, namun wilayahnya dalam sengketa), terletak di mulut Teluk Hangzhou, dan dipisahkan dari daratan oleh selat yang kecil.

Pada 8 Juli 2011 pemerintah pusat menyetujui Zhoushan sebagai Zhoushan Island di daerah baru tingkat negara bagian. Pada sensus 2010, populasinya adalah 1.121.261 yang 842.989 tinggal di daerah built-up yang terbuat dari Dinghai dan Putuo kabupaten.

Zhoushan termasuk 20.800 km2 (8031 mil persegi) dari wilayah laut, tetapi hanya 1,440.12 km2 (556 sq mil) dari tanah, 183,19 km2 (71 sq mil) dari yang terendam saat air laut pasang. Ini adalah 182 km (113 mil) timur-timur dan 169 km (105 mil) utara-selatan dan meskipun padat penduduk sekarang memiliki beberapa peternakan.

Zhoushan memiliki empat musim, hujan -influenced iklim lembab subtropis (Köppen CFA), dengan dingin, musim dingin basah, dan panas, musim panas lembab. Kondisi, terutama selama musim panas, umumnya dikelola oleh perairan sekitarnya dari Laut Cina Timur, membawa rata-rata Januari 5,8°C (42,4°F) dan Agustus rata-rata 27,1°C (80,8°F), dengan rata-rata tahunan 16,43°C (61,6°F).

Meskipun curah hujan terjadi terutama selama musim panas, curah hujan masih signifikan selama bulan-bulan musim dingin, yang paling kering. Dengan persen bulanan mungkin sinar matahari mulai dari 34% pada bulan Maret menjadi 56% pada bulan Juli, kota menerima 1.938 jam sinar matahari yang cerah setiap tahunnya, dan pada semester kedua tahun ini jauh lebih cerah.

Menurut laporan dari Keenam Nasional Sensus Penduduk dari Republik Rakyat Cina, total penduduk Zhoushan Kota adalah 1.121.261 dengan 588.414 laki-laki dan 532.847 perempuan pada tanggal 1 November 2010, di antaranya sebuah sangat mayoritas adalah Han Cina (1.109.813). Jumlah rumah tangga adalah sekitar 454.800.

Zhoushan tradisional telah sangat bergantung pada industri primer, terutama nelayan, mengingat Zhoushan adalah yang terbesar perikanan di Cina. Saat ini dengan perkembangan sekunder dan tersier industri , basis ekonomi Zhoushan ini sebagian besar telah diversifikasi. Bangunan kapal dan perbaikan, pengiriman, industri ringan, pariwisata dan industri jasa tumbuh menjadi kontributor utama dari output ekonomi lokal. Pada tahun 2013, seluruh kota mencapai total Produk Domestik Bruto (PDB) dari 93085000000 yuan (sekitar $ 13.184 per kapita), dengan kenaikan 8,5% dari yang dari tahun 2012.

Kota terus peringkat ke-3 antara 11 kota dari Provinsi Zhejiang . Namun, karena Zhoushan memiliki populasi jauh lebih kecil dibandingkan dengan kota-kota lain, angka mutlak dari total PDB masih peringkat tempat terakhir di provinsi ini. Struktur tiga sektor industri adalah 9,8: 45,2: 45,0 pada tahun 2012. [15] Pada tahun 2012, Zhoushan Pelabuhan saja diproses 290.990 kiloton kargo. Jika dikombinasikan dengan Ningbo Port (Ningbo dan Zhoushan Pelabuhan dasarnya satu port dengan infrastruktur bersama, pelabuhan cekungan dan kolaborasi administrasi), seluruh pelabuhan besar ditangani sekitar 744.000 kiloton kargo, melebihi Shanghai Port untuk menjadi pelabuhan tersibuk baru dunia dalam hal kargo tonase.

Pada tahun 2012, pendapatan per kapita disposable Zhoushan tentang penduduk perkotaan mencapai 34.224 yuan, dengan peningkatan 12,2% dari tahun sebelumnya (meningkat 10,3% mengingat harga dan inflasi faktor). Di sisi lain, per modal laba bersih Zhoushan tentang penduduk pedesaan mencapai 18.601 yuan, dengan peningkatan 12,9% dari tahun sebelumnya (meningkat 11,0% mengingat harga dan inflasi faktor). The Koefisien Engel ini untuk penduduk perkotaan dan pedesaan masing-masing 35,9% dan 38,1%.

  1. Putuo Montain

Putuo Mountain, dikelilingi oleh laut, pemandangan indah, hantu yang unik, yang dikenal sebagai “tempat pertama di dunia yang bersih.” Batu, pohon, Kuil diukir, tebing, gelombang halus, diisi dengan misteri Buddha. Pohon yang rimbun di pulau, kamper kuno di mana-mana, bunga, yang dikenal sebagai “Pulau Botanical Garden.”

Ada 66 jenis pohon-pohon tua diseluruh gunung dengan usia lebih dari satu abad. Selain ribuan tahun kamper kuno, pemerintah nasional melindungi spesies tumbuhan langka endemik ke China Putuo Carpinus.

Pasir membentang di sekitar pulau, dikelilingi oleh kuda putih, layar memancing bersaing, Qingfeng Cuiluan, dikelilingi oleh sejumlah besar Silver Sands Tao Vihara Candi, merupakan peningkatan gambar berwarna-warni. Batu selokan Qi Xiu, Pan Tuo batu, dua kura-kura batu Audiometri, batu kata hati, lubang halus, Chaoyin, Chaoyang Dong dan sebagainya.

Sebagian besar tempat-tempat menarik adalah ikatan tak terpisahkan dengan Dewi Welas Asih, penyebaran legenda indah. Mereka semua adalah postur aneh, menarik. Putuo Raja kedua, atau berbahaya, atau Phantom, atau aneh, untuk memberikan lamunan terbatas.

Gunung Putuo adalah sebuah pulau di tenggara Shanghai, di Zhoushan prefektur Zhejiang provinsi, Cina. Ini adalah situs terkenal di Buddhisme Cina, dan dianggap sebagai Bodhimandala dari Avalokitesvara (Guanyin), sebuah dihormati Bodhisattva di banyak bagian Asia Timur.

Gunung Putuo adalah salah satu dari empat gunung suci di Cina Buddhisme, yang lainnya adalah Gunung Wutai, Gunung Jiuhua, dan Gunung Emei (Bodhimandas untuk Manjusri, Ksitigarbha, dan Samantabhadra).

Gunung Putuo terletak di Laut Timur Cina dan menampilkan keindahan antara laut dan gunung. Daerah ini sekitar 12,5 kilometer persegi dan memiliki banyak kuil terkenal dan suci. Setiap tahun pada tanggal 19 Februari, 19 Juni dan 19 September dari kalender lunar, itu menyambut jutaan orang untuk perayaan kelahiran Guanyin, menjadi seorang bhikkhu dan menjadi bodhisattva masing-masing.

Gunung Putuo telah menjadi situs ziarah selama lebih dari seribu tahun. [1] Selama dinasti Tang, seiring dengan perkembangan jalan sutra laut, Putuo Mountain menjadi pusat agama Buddha Cina untuk Guanyin. Situs ini telah menerima banyak pengunjung terkenal selama berabad-abad, termasuk masa depan maka 20 tahun Chan-master Yinyuan Longqi (Igen), yang datang ke situs pada tahun 1612, sambil mencari ayahnya, yang telah menghilang lima belas tahun sebelumnya. Sarjana modern biksu Taixu menghabiskan beberapa tahun di soliter mundur di padepokan kecil di Putuo.

Fitur utama Puto adalah patung setinggi 33 meter dari Guan Yin di Zizhulin; Dua pantai utama dan memiliki fasilitas seperti kursi santai dan payung, dan kegiatan seperti banana boat dan sepeda quad.

Putuo ditutupi dengan banyak kuil dan biara-biara, baik besar maupun kecil. Semua berada di bawah arahan dari Asosiasi Buddhis Cina . Banyak biarawan dan biarawati dari seluruh negeri, dan luar negeri, berusaha keras untuk hidup dan berlatih di sana. Hari ini, ada lebih dari 30 candi utama terletak di Gunung Putuo, [2] termasuk Temple Puji , Fayu Temple dan Huiji Temple. Selain biara tersebut, ada Institut Buddha, salah satu lembaga akademis Budha terbesar di Cina.